Jumat, 13 Januari 2012

Awas Penipuan Lewat tokobagus.com

Pada Kamis 5 Januari 2012 saya membuka halaman web tokobagus.com. Di sana ada yang menjual kriteria telepon seluler BlackBerry Gemini Curve 9300 3G dengan harga murah karena lagi promo hanya di minggu tersebut. Saya kontak penjual  lewat no kontak 08991755666 yang mempunyai user hidayat211 via sms. Kami sepakat BB tersebut turun dari Rp 1,4juta menjadi Rp 1,3 juta.

Namun memang ada hal yang aneh, spesifikasi kamera yang diberikan lebih tinggi daripada yang saya tau tentang BB. Setelah sepakat harganya, penjual memberitahu nomor rekening BRI atas nama sahat panggabean, rek 1207.01.000792.50.7 BRI CAB: KK PULOGADUNG JKT. Penjual itu menjanjikan barang sampai besok Jumat dengan menggunakan jasa TIKI/JNE.

Si penjual juga menolak untuk bertemu (Cash On Delivery) dengan alasan di bawah Rp 20 juta hanya melayani lewat transfer antar bank saja. Ketika saya tanya apakah barang tersebut BM (blackmarket), dia bilang bukan BM, bukan second, melainkan baru dan bersegel. Pin dijamin aman. di halaman iklannya di tokobagus.com dia memberikan ketentuan yang cukup serius dan meyakinkan bahwa dia betul-betul ingin melayani serious buyer only.

Penjual juga tidak menggunakan jasa rekber dengan alasan menghindari ketidakpercayaan dengan kinerja rekber dan untuk menghindari penyalahgunaan rekening. Setelah saya kirim sejumlah uang yang disepakati, dia menanyakan nomor struk hasil transfer yang keluar dari mesin ATM untuk memastikan bahwa penjual tersebut tidak akan salah sasaran mengirimkan paket pesanan kepada pembelinya.

Tetapi sampai esok harinya, paket yang ditunggu tidak kunjung tiba. Saya menanyakan hal tersebut dan si penjual menjawab bahwa pesanan saya masuk pendingan karena orderan banyak jadi akan sampai keesokan harinya lagi (hari sabtu). Hari sabtu pun sama, tidak ada kiriman yang datang ke alamat saya dan ketika saya tanya, kenapa belum sampai dan kapan sampainya, dia menjawab senin akan tiba.

Ketika senin malam tidak kunjung tiba saya coba hubungi si penjual lagi dari nomor saya, namun tidak ada jawaban. saya coba lagi pakai nomor lain yang dia tidak kenal baru dia jawab dan katanya pending lagi sampai selasa. Saya minta nomor resinya supaya saya bisa cek tapi si penjual berdalih nomor resinya ada di temannya dan dia harus cek dahulu. saya tunggu nomor resinya tapi tidak ada kbr. sampai selasa (10/1) tidak ada kiriman, dan ketika saya hubungi si penjual masih berusaha menjawab dengan tertunda dari jasa kirimannya.

Akhirnya ketika saya minta penjual untuk mengembalikan uang yang telah saya transfer, si penjual memutuskan telepon. Saya minta tokobagus.com bertanggungjawab atas penipuan lewat situs penjualan online miliknya. Jangan sampai banyak orang tertipu akibat ketidakprofesionalan tokobagus.com dalam meenyeleksi para tenannya. Waspadalah bagi Anda yang ingin membeli barag dengan modus ini.

Vivi,  Bandung

6 komentar:

  1. saia juga tertipu,,,dg no.hp yg persis sama.karna hal serupa, saia putuskan untuk mencari no.hp tsb di blog2.hingga saia temukan hampir smua orang menuliskan pengaduan macam ini.apa perlu kita bawa kasus ini ke polisi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja bro, org yg sama memang. aku juga taruh tulisan yang sama di kompasiana kok.

      Hapus
    2. oya, aku juga ikut milis wartawan katolik hehehe

      Hapus
    3. ternyata no hpnya skrg masih aktif lo, 08991755666, itu no kontak yg suka nipu jutaan di tokobagus.com

      Hapus
  2. iya memang,,dia termasuk orang yg berani skali.karna masih berani exis dg no.yg sama...trus lwat tulisan itu,,,ada tindak lanjutnya.soal uang saia bisa iklassss,,,tapi sbelumnya saia pengen nendang2 dulu lah muka tu bajingan............

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah kontak ke no penipu itu 08991755666, masih aktif dan menjawab telpon dengan mudah.

      Hapus